Panglima TNI Tinjau Pangkalan Udara Manuhua

Pesawat F-16 di Manuhua Biak
F-16 ketika di Biak.

Jenderal Gatot Nurmanyo akan membangun pangkalan-pangkalan baru untuk memperkuat kawasan Indonesia bagian Timur. Salah satu lokasi yang akan dibangun pangkalan, yakni di wilayah Pulau Biak, Papua.

“Nah di sini (Biak) kan kosong. Di sini tak ada pesawat tempur padahal landasan ada, jadi kita akan membuat pangkalan-pangkalan baru. Tetapi memanfaatkan yang sudah ada,” kata Gatot saat meninjau Pangkalan Udara Manuhua, di Biak, Papua, Sabtu (30/4/2016).

Gatot bersama jajarannya memang telah melakukan peninjauan langsung ke sejumlah wilayah di Papua, seperti ke Nduga, Sorong, hingga Kaimana. Saat berada di Biak, jenderal bintang empat itu melihat sejumlah bangunan milik TNI AU, AD, dan AL.

Setibanya di Biak, Gatot bersama rombongan langsung melihat landasan pacu yang baru serta yang lama. Dia menginginkan, untuk landasan yang lama agar direnovasi. Setelah itu, Gatot bersama rombongan meninjau sejumlah dermaga milik AL.

“Biak, Morotai, bangunannya saya liat besinya masih bagus, ya kita enggak usah bangun lagi. Itu saja yang kita renovasi,” ujarnya.

Gatot menegaskan, sesuai dengan kebijakan Presiden Joko Widodo yang menyebut bahwa Indonesia harus menjadi poros maritim dunia, maka jajarannya bakal berupaya membangun kekuatan untuk biasa menguasai setiap wilayah nusantara ini.

“Kan poros maritim dunia, jadi lebih luas lagi jalurnya. Sehingga semua wilayah Indonesia harus benar-benar dikuasai, siapa yang bisa mengendalikan udara, laut, dia menang. Maka kunci dari poros maritim itu adalah menguasai, lautan dan udara,” tukas dia. *okezone*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s