Komparasi Leopard 2 RI dengan MBT Negara Lain

IMG-20160524-WA0005
Leopard 2 RI Indonesia dibandingkan negara lain (defence.pk)

Lancer Cell Indonesia, Dari segi tampilan, MBT Leopard 2 RI memang jauh berbeda dengan Leopard 2 A4 yang lebih dulu tiba di Indonesia tahun 2014. Namun, jika dibandingkan dengan MBT Leopard milik Singapura dan Turki mungkin akan ditemukan beberapa persamaan.

Pertama adalah pelindung pada kubah dan bagian samping MBT Leopard 2 RI Indonesia. Pelindung tersebut dinamakan AMAP (Advanced Modular Armour Protection). Hampir semua negara pengguna MBT Leopard memilih modul AMAP tersebut sebagai paket upgrade pembelian.

AMAP merupakan suatu blok komposit yang dibuat oleh Perusahaan IBD (IngenierBüro Deisenroth) Jerman. Pada dasarnya tank akan diberikan perlindungan menyeluruh sehingga akan terhindar dari resiko kerusakan fatal. Proteksi ini dapat melindungi tank dari ancaman serangan senjata balistik.

Blok keramik nano komposit ini dibuat dengan standar proteksi NATO STANAG 4569 Level 3 atau Level 4. Keping AMAP dibangun dan disusun menjadi blok AMAP-B (Ballistic) yang dipasangkan ke sisi samping (side skirt), depan (glacis), dan keseluruhan kubah termasuk sisi atas dan pangkal laras Leopard 2RI.

Panel-panel blok keramik nano komposit ini didesain dengan fitur engsel untuk mempermudah ketika dibuka dan dilepas. Hal ini sangat penting karena dapat menghemat biaya dengan hanya mengganti panel yang mengalami kerusakan.

Kedua adalah pada bagian depan atau glacis tank yang terpasang peralatan SAS (Situational Awareness System) berupa kamera dengan fitur night vision agar pengemudi dapat mengendalikan tank dengan mudah pada malam hari, tidak lagi mengandalkan blok prisma yang memiliki kemampuan terbatas.

Indonesia rupanya tidak mengambil seluruh paket upgrade yang ditawarkan oleh pihak Jerman. Walaupun demikian jika disandingkan dengan MBT Singapura, Leopard 2 RI memiliki kelebihan yang tidak dimiliki MBT Singapura yaitu pada penginstalan peralatan SAS.

Komparasi ini hanya mengacu pada tampilan luar Leopard dan tidak mencakup keseluruhan part lain yang terpasang di dalam tank. Maka jika pihak TNI mengklaim Leopard 2 RI lebih canggih dari milik Singapura, hal itu bukan isapan jempol. CMIIW. Just IMHO. (D.E.S)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s