Kapal Perang Terbaru Damen 10514PL

IF
Kapal Perang Damen 10514PL

Pada Balt Militer Expo 2016 yang diselenggarakan di Gdansk, Polandia, dari tanggal 20-22 Juni 2016, galangan kapal Belanda Damen meluncurkan update desain dari keluarga SIGMA nya.

Seorang wakil perusahaan menjelaskan kepada Navy Recognition bahwa desain yang diperbarui meliputi fitur yang lebih ramping, modern dan stealthy. Hal ini didasarkan pada lambung PKR SIGMA 10514 yang dipilih oleh Angkatan Laut Indonesia (TNI AL).

Dua desain diresmikan di Balt Militer Expo, mewakili apa yang ditawarkan Damen untuk angkatan laut Polandia, untuk Miecznik (sebutan Damen: SIMGA 10514PL Coastal Defense Ship) dan kapal patroli lepas pantai Czapla (penunjukan Damen : SIGMA 10514PL Patrol Ship).

Berdasarkan rendering 3D yang telah diresmikan di Balt Militer Expo, kedua kapal dilengkapi dengan Oto Melara 76mm sebagai meriam utama dan radar NS 100 Thales. Smart-S MK2 Thales atau Giraffe AMB versi navy Saab juga dapat dipasang, tergantung pada kebutuhan Angkatan Laut Polandia (seperti halnya untuk semua peralatan lain). Coastal Defense Ship memiliki 12 sel VLS untuk VL Mica MBDA dan rudal anti-kapal 8x Saab RBS15 (Kongsberg NSM juga dapat dipasang). Varian Patroli Boat dilengkapi peluncur RAM MK49 atau dapat dilengkapi dengan Thales LMM sebagai alternatif.

Kapal Perang Damen 10514PL 1
Kapal Perang Damen 10514PL

Kedua varian memiliki fitur DAMEN’s Multi Mission Space yang menyediakan modularitas kapal yang lebih banyak. Pada akhirnya kapal mampu memenuhi dedicated ASW, misi Special Forces Support or Mine Counter Measures. Pada portside, ruang terlindung tambahan 11m RHIB juga telah disediakan.

SIGMA 10514PL yang diusulkan adalah kombatan permukaan modern berdasarkan lambung dan sistem (PKR yang dipilih oleh Indonesia) yang telah terbukti. Menurut Damen, satu platform akan cocok untuk kedua kapal pertahanan pesisir dan kapal patroli yang akan memiliki dampak positif di banyak bidang seperti proses pembangunan, harga, pelatihan, pemeliharaan, biaya siklus hidup dan fleksibilitas operasional.

Terutama untuk kapal PKR Angkatan Laut Indonesia yang akan dioperasikan untuk Anti-Air Warfare, Anti-Surface Warfare, dan Anti-kapal selam Warfare. Namun, mereka juga kompatibel dengan Maritime Security, Search and Rescue, Patrol, dan tugas Dukungan Kemanusiaan.

SIGMA 10514 PKR memiliki desain yang telah terbukti dan dibangun secara unik menggunakan pendekatan modular. SIGMA singkatan dari Ship Integrated Geometrical Modularity Approach. Pada dasarnya, PKR dibagi menjadi 6 modul, 4 dibangun di galangan kapal PT PAL, sementara 2 modul lain dibangun dan diuji sepenuhnya oleh DSNs di Belanda. Bangunan modular memungkinkan fleksibilitas yang lebih besar, lebih hemat biaya dan memungkinkan untuk membangun di berbagai lokasi di seluruh dunia. Pada dasarnya, Damen menyediakan sebagian besar transfer teknologi. Ketika 6 modul lengkap, PT PAL memiliki tanggung jawab mengintegrasikan semua modul ke dalam satu kapal tunggal.

Secara teknis, PKR memiliki panjang 105,11 meter (dibandingkan dengan 10514PL yang memiliki panjang 108 meter), beam 14,2 meter dan displacement 2.365 ton. Kapal ini memiliki akomodasi ber-AC untuk 122 orang awak. Helikopter dek pada kapal cocok untuk sebuah helikopter berukuran sedang dengan berat max 10 ton. Kapal ini juga dilengkapi dengan dua perahu karet kaku (RHIBs) untuk operasi penyelamatan dan patroli. Fregat memiliki kecepatan 28 knot, dan dapat berlayar hingga 5,000nm pada kecepatan 14 knot. Daya tahan kapal ini setidaknya 20 hari di laut. Unit pertama diluncurkan pada bulan Januari tahun ini. *navyrecognition*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s