5 Unit KMC Komando TNI AD Segera Menyusul

Kapal kmc komando TNI AD
KMC buatan PT Tesco Indomaritim untuk TNI AD.

Lancer Cell Indonesia, Pada medio 2014, TNI AD meluncurkan Kapal Motor Cepat (KMC) Komando. KMC Komando dibangun oleh PT Tesco Indomaritim yang berbahan dasar alumunium. Pada saat itu (2014), KMC Komando memiliki kecepatan maksimum 35 knot.

Pada akhir 2014 PT Tesco Indomaritim telah menyelesaikan 13 unit KMC Komando. Dikutip dari detik.com (12/12/2014), 9 unit dari 13 unit KCM Komando ini berada di bawah operasional Ditbekang TNI AD. Sementara 4 unit di antaranya di BKO-kan di Kodam Cenderawasih, Kodam Patimura, Kodam Udayana, dan Kodam Iskandar Muda.

Kapal KMC Komando TNI AD New
5 unit KMC Komando TNI AD produksi PT Tesco Indomaritim. (anas_nurhafidz-defence.pk)

Pada tahun 2016 ini PT Tesco Indomaritim telah membangun 5 unit KMC Komando. Kapal ini telah mendapatkan upgrade pada tahun 2015 dan mampu menembus kecepatan hinnga 45 knot.

LOA (Leangth Over All) atau panjang keseluruhan KMC Komando adalah 17,60 meter dengan lebar 4,20 meter dan tinggi 2,15 meter. Kapal ini memiliki kecepatan 45 knots dan dilengkapi oleh tanki air tawar dengan volume 500 liter. Awak KMC Komando berjumlah 3 orang dan mampu membawa 31 prajurit di dalam lambungnya.

Selain itu, kapal ini juga dilengkapi oleh kompas, GPS, Radio SSB, Radio HT, Ring Bouy, dan 2 Life Raft. Kapal buatan dalam negeri ini digunakan untuk operasi rawa dan pantai.

Kapal KMC Komando TNI AD New 2
Proses produksi kapal oleh PT Tesco Indomaritim. (anas_nurhafidz-defence.pk)

Untuk persenjataan, KMC Komando dilengkapi dengan sistem senjata mesin berat (SMB) dengan jenis peluru 17,5 milimeter yang mampu menembak hingga 6 kilometer dengan jarak efektif tembakan 2 kilometer. Dengan begitu, posisi penembak lebih aman.

KMC Komando juga memiliki sistem tracking and locking target. Sistem tersebut mengatur penggunaan senjata secara otomatis yang dikendalikan oleh seorang penembak dari dalam ruang kemudi.

Jika 5 unit KMC Komando ini diserahkan tahun ini, maka TNI AD sedikitnya akan mengoperasikan 18 unit KMC Komando. Hal ini sangat diperlukan dalam menjaga NKRI. (D.E.S)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s