Rusia Jual Tiga Admiral Grigorovich ke India

Admiral_Grigorovich-class_frigate_project_11356_Russia_1
Admiral Grigorovich (veteranstoday)

India dan Rusia telah mencapai kesepakatan tentang penjualan tiga frigat rudal Kelas Admiral Grigorovich (Project 11356). Hal ini melanjutkan spekulasi Rusia telah menyerah untuk membangun kapal perang tersebut.

Sebelumnya dikabarkan Rusia tidak bisa menyelesaikan pembangunan kapal karena larangan ekspor diberlakukan di bangun dari konflik Ukraina yang menjadikan Rusia untuk bisa menemukan mesin turbin untuk kapal.

“Perjanjian rahasia yang relevan telah dicapai, dan India akan menerima tiga dari Proyek 11.356 frigat yang sedang dibangun untuk Angkatan Laut Rusia,” kata seorang sumber dalam industri pertahanan Rusia sebagaimana dilaporkan IHS Jane Minggu 8 Agustus 2016.

Perkembangan ini konsisten dengan kecurigaan bahwa Angkatan Laut Rusia telah meninggalkan rencana menambahkan enam kapal kelas Admiral Grigorovich hingga menjadikan mereka memiliki sembilan armada selama dekade .

Keputusan Rusia untuk mengekspor tiga kapal – dua di antaranya sedang dalam konstruksi – adalah karena Laksamana Grigorovich didukung oleh turbin gas M90FR yang dibangun oleh Zorya-Mashproekt di Ukraina.

Konflik di Ukraina, telah menyebabkan pengenaan larangan ekspor ke Rusia. industri pertahanan dalam negeri Rusia bekerja untuk merancang sebuah mesin pengganti, upaya itu sepertinya sulit direalisasikan atau setidaknya akan membutuhkan waktu lama.

Moskow memberikan kontrak kepada NPO Saturn, produsen mesin pesawat Rusia, untuk memproduksi dan menguji mesin turbin M90FR pada 2017, tetapi analis industri pertahanan meyakini bahwa sistem propulsi baru mungkin tidak siap sampai kapan di 2019.

Kapal Admiral Grigorovich kelas merupakan turunan upgrade dari frigat kelas Talwar yang juga dibangun untuk Angkatan Laut India antara tahun 2003 dan 2013.  India tidak dikenakan larangan ekspor oleh Ukraina hingga bisa langsung membeli mesin turbin gas M90FR dari Kiev hingga New Delhi bisa membuat kapal-kapal dengan bobot 3.620 ton itu operasional dalam waktu singkat. *jejaktapak*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s