Sampai Mana Progres Klewang II Indonesia?

Klewang Lama
Klewang Lama (radar banyuwangi)

Pada Hari jumat 12 Agustus 2016, 52 siswa Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI mengunjungi PT Lundin Industry Invest di Banyuwangi. Para pemerhati militer telah lama menunggu berita perkembangan lebih lanjut dari Project Kapal Perang Siluman Trimaran ini. LCI bisa paham akan perihal tersebut. Perlu di ingat bahwa Peroject Siluman Trimaran ini hanya digarap oleh dua negara yaitu Amerika Serikat dan Indonesia.

Hal ini juga membuat kami penasaran, sebenarnya sampai mana progres Klewang II ini?

Tanpa bertele-tele mari kita bedah misteri klewang ini, merujuk pada photo yang di muat TNI AL pada Twitter resminya jam 6:40 PM pada tanggal 13 Aug 2016 dengan alamat https://twitter.com/TNI_AL/status/764637732224114688/photo/1 maka anda akan mendapatkan foto seperti berikut ini :

klewang 1
Foto ke-1

Kemudian ketika anda merujuk http://finance.detik.com/read/2016/08/15/183403/3276031/1036/menengok-pabrik-kapal-perang-siluman-made-in-banyuwangi maka anda akan mendapatkan foto seperti di bawah ini :

Klewang Baru Lundin 2
Foto ke-2

Lalu yang mana yang benar? Pada Juli 2015, Audrey mengeposkan photo seperti foto di bawah ini :

Klewang Juli 2015
Foto ke-3

Lalu mana yang lebih mendekati kebenaran pada progres ini?

Jika kita bandingkan kedua foto (foto ke-1 dan foto ke-2) di atas maka akan diperoleh foto seperti di bawah ini :

Klewang Lama LCI
Foto ke-4

Foto di atas adalah Klewang Lama, karena pada bulan Juli 2015 progres Klewang II masih dalam tahap pengerjaan lambung kapal dan ditambah dengan foto di bawah ini maka akan sangat meyakinkan bahwa foto yang di poskan oleh twitter resmi TNI AL adalah foto Klewang Lama. Perhatikan gambar berikut ini :

Klewang Baru LCI
Foto ke-5

Nah kedua foto di atas menunjukkan Progres Klewang II baru pada tahap di atas atau foto yang di publikasikan oleh detik.com merupakan real Klewang II.

Lalu apa fungsi garis merah dan lingkaran pada gambar ke-4 dan ke-5 ini?

Dalam posting “Penampakan Klewang dan X-18 ?” kami menyebutkan bahwa foto di atas adalah lambung klewang bagian kanan. Penyebutan ini bukan tanpa alasan.

Pada foto ke-4 dan ke-5 terdapat angka 1-6, hal ini menunjukkan tinggi bangunan dimana setiap satu garis merah menunjukkan ketinggian 1 meter. Pada foto ke-4 (Klewang Lama) tinggi dek adalah 5 meter. Sedangkan pada Foto ke-5 (Klewang II) tinggi dek juga 5 meter yang ditunjukkan dengan garis merah.

Kemudian di foto ke-4 terdapat lubang jendela berbentuk persegi, hal ini juga ditemukan pada foto ke-5 yang diberi tanda lingkaran merah. Bedanya pada foto ke-5 masih dalam kerangka.

LCI menyimpulkan bahwa Klewang II baru pada tahap Penyatuan Lambung, belum sampai pada tahap yang lebih jauh.

Mengapa demikian?

Pada foto ke-4 Klewang mempunyai tinggi 8 meter yang menunjukkan bridge kapal sudah terpasang (ketinggian melebihi posisi jendela kaca pada anak panah berwarna hijau). Sedangkan pada foto ke-5, di depan jendela kaca tidak ada bridge kapal dan cahaya matahari masih bisa masuk (ketinggian kapal sekital 5 meter karena bridge belum terpasang). Hal ini menunjukkan bahwa Progres Klewang II baru pada tahap penyatuan lambung.

Mampukah PT Lundin menyeleasaikan Klewang II pada akhir tahun 2016?

Pesan saya jangan semata-mata menyalahkan PT Lundin, karena hal ini bukan sepenuhnya kesalahan PT Lundin. Untuk para pembaca jangan kecewa ya.. hehehe..

Akhir kata, Semangat PT PT Lundin Industry Invest!

Just IMHO dan CMIIW. (D.E.S)

2 thoughts on “Sampai Mana Progres Klewang II Indonesia?”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s