‘Jupiter Ops’ Diresmikan KSAU

Jupiter Ops
Kasau Marsekal TNI Agus Supriatna menandatangani peresmian Jupiter Ops didampingi Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Imran Baidirus, SE di Wingdikterbang Lanud Adisutjipto, Minggu (19/6). (TNI AU)

Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Agus Supriatna, meresmikan bangunan ‘Jupiter Ops’ yang baru bagi satuan TNI AU. Jupiter Ops terletak di area Wing Pendidikan Terbang Lanud Adisutjipto yang merupakan lembaga pendidikan yang bertugas mencetak elang-elang muda dirgantara.

Jupiter Ops ini menyempurnakan fasilitas Wingdikterbang selain Jupiter Air Power Lounge yang merupakan pusat pembelajaran Air Power bagi para insan dirgantara yang sebelumnya telah diresmikan.

Kasau, Marsekal TNI Agus Supriyatna, menyampaikan, seiring perkembangan teknologi penerbangan yang semakin pesat, Wingdikterbang sudah sepatutnya mentransformasi diri. Pembangunan fasilitas ini merupakan salah satu langkah menuju perubahan. Dengan adanya fasilitas ini moril dan kebanggaan para instruktur penerbang dan siswa Sekolah Penerbang akan meningkat dan tentu saja akan dibarengi dengan meningkatnya kualitas dan profesionalitas instruktur dan para calon penerbang militer.

“Fasilitas ini sangat istimewa bagi instruktur dan siswa Sekolah Penerbang, selain disain interior yang cozy dan futuristik, fasilitas ini juga disupport oleh beberapa peralatan canggih seperti monitor FTMS (Flight Training Monitoring System) dengan layar ukuran 2×3 meter yang dapat menyajikan tampilan real time pesawat-pesawat yang terbang di sekitar aerodrome Adisutjipto, bukan hanya pesawat militer, melainkan seluruh pesawat terbang yang dilengkapi transponder mode S dapat tertangkap jelas di layar ini. Alat ini menampilkan seluruh data pesawat, mulai dari call sign, tail number, ketinggian, kecepatan dan heading pesawat,” demikian ucap Kasau dalam keterangan tertulisnya pada hari Senin, tanggal 5 September 2016.

Tower baru ini tidak menggantikan fungsi tower ATC yang mengontrol penerbangan di Adisutjipto selama ini, namun lebih pada monitoring penerbangan Wing Pendidikan Terbang sehingga diharapkan efektivitas penerbangan dan tingkat keamanan serta keselamatan terbang dapat meningkat.

Usai meresmikan Jupiter Ops, Kasau juga meresmikan lapangan tembak yang terletak di area Jogja Adventure Zone (JAZ) Skadik 104. Pembangunan lapangan tembak ini dimaksudkan untuk menambah sarana olah raga maupun penunjang profesionalisme prajurit TNI AU, khususnya anggota Lanud Adisutjipto di bidang menembak.

Lapangan tembak ini dibangun karena Lanud Adisutjipto memang belum memiliki lapangan tembak. Pembangunan  lapangan tembak ini juga dimaksudkan untuk mendukung ambisi Komandan Lanud Adisutjipto untuk menjadi juara dalam kejuaraan menembak HUT TNI AU yang belum pernah tercapai. Dengan telah dibangunnya lapangan tembak ini, Lanud Adisutjipto diharapkan dapat meningkatkan prestasi di bidang menembak pada masa mendatang

Komandan Lanud Adisutjipto, Marsekal Pertama TNI Imran Baidirus, disela-sela peresmian Lapangan Tembak Adisutjipto menyampaikan, “Dengan adanya sarana lapangan tembak ini, anggota Lanud Adisutjipto khususnya dan personel TNI AU pada umumnya dapat mengasah keterampilan dan profesionalismenya di bidang menembak.”

“Untuk itu, manfaatkanlah seoptimal mungkin lapangan tembak ini guna meningkatkan keterampilan dan prestasi, serta merasa ikut memiliki sehingga kita sama-sama peduli dalam memelihara dan merawat lapangan tembak ini,” lanjutnya mengakhiri. *jitunews*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s