Frigat PKR SIGMA 10514 Pertama Angkatan Laut Indonesia Selesai Sea Trial

kri-re-martadinata-331-damen
KRI RE Martadinata 331 – Frigat PKR SIGMA 10514 Angkatan Laut Indonesia (damen)

Frigat pertama dari dua Frigat PKR SIGMA 10514 Angkatan Laut Indonesia telah berhasil menyelesaikan uji laut pada 7 September. Ini adalah tonggak utama sebuah proyek yang baja pertamanya dipotong pada Januari 2014.

Tahap penilaian dimulai dengan menjalani tujuh hari uji coba basin untuk memastikan bahwa penggerak dan sistem keamanan beroperasi penuh sebelum kapal menantang perairan terbuka Laut Jawa dari galangan kapal PT PAL di Surabaya. Kemudian diikuti dua minggu percobaan laut termasuk tes sistem senjata, radar tempur dan commissioning sonar. Pengukuran kebisingan dan pengamatan kavitasi juga dilakukan.

Percobaan sukses, dengan hampir semua sistem melewati tahap penilaian pertama kali. Beberapa elemen, seperti akomodasi, membutuhkan modifikasi minor dan ini akan dilakukan sebelum tiga hari tes akhir pada akhir September.

pkr-sigma-10514-re-martadinata-331-lci-9
KRI RE Martadinata 331 (LCI)

Fleksibilitas Melalui Inovasi

Dengan panjang 105 meter dan berat 2.365 ton, Frigat PKR SIGMA 10514 dirancang untuk melakukan berbagai misi di dalam dan di sekitar perairan Indonesia. Misi utama Frigat PKR SIGMA 10514 adalah anti udara, anti permukaan dan peperangan anti kapal selam. Namun, Frigat PKR SIGMA 10514 juga dilengkapi kemampuan pengamanan maritim, pencarian dan penyelamatan (SAR), dan tugas bantuan kemanusiaan.

Dua kapal telah / sedang dibangun menggunakan proses modular kolaboratif yang beroperasi secara simultan di Damen Schelde Naval Shipbuilding (DSNs) Belanda dan galangan kapal PT PAL Indonesia. Masing-masing terdiri dari enam modul, dan untuk modul pertama sampai ke-empat dibangun di PT PAL. Dua lainnya dibangun dan diuji sepenuhnya oleh DSNs di Belanda sebelum dikirim untuk perakitan akhir di PT PAL.

Keberhasilan program ini bertumpu pada dua galangan kapal yang bekerja sama dengan klien yang melakukanan tahap penyatuan/ perakitan akhir. Hubungan yang kuat juga memungkinkan transfer teknologi besar-besaran demi kelancaran program, baik di Indonesia maupun di Belanda.

Jadwal pengiriman Frigat PKR SIGMA 10514 Pertama adalah akhir Januari 2017 setelah selesainya tiga bulan pelatihan awak. Sementara itu, pekerjaan saat ini adalah melanjutkan kontrak pembangunan kapal baik di Belanda mauun di Indonesia.

Sumber : DAMEN

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s