Indonesia Menjajaki Kemungkinan Memperoleh Bantuan AS untuk Membiayai Pangkalan Militer di Natuna

natuna-baru-lci
Rencana Pembagunan Pulau Natuna (pr1v4t33r-defence.pk)

Indonesia mencari dukungan keuangan dari Washington untuk meng-upgrade pangkalan angkatan laut. Upgrade akan memperkuat kehadiran angkatan laut Indonesia di Laut China Selatan dan Selat Sunda.

Sebuah delegasi yang terdiri dari lima orang pejabat senior Angkatan Laut Indonesia (Tentara Nasional Indonesia-Angkatan Laut, atau TNI-AL) saat ini berada di Amerika Serikat untuk menjajaki kemungkinan memperoleh program pembiayaan militer asing dari Washington (FMF) untuk mendanai upgrade dari pangkalan angkatan laut di Laut China Selatan, ungkap seorang sumber kepada IHS Jane pada 20 September.

Delegasi telah diundang Washington’s Distinguished Visitor Orientation Tour (DVOT) dan juga akan melakukan kunjungan di beberapa kota untuk mempelajari instalasi Angkatan Laut AS dan fasilitas pelatihan termasuk Quantico di Virginia, dan San Diego di California. Kunjungan akan berlangsung selama dua minggu sampai akhir September 2016.

Jakarta saat ini sedang dalam proses upgrade fasilitas TNI-AL di Ranai, Pulau Natuna Besar, untuk mendukung penyebaran yang lebih luas kapal perang mereka di wilayah Laut China Selatan.

Sebuah transkrip pertemuan antara Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo dengan Komisi I DPR RI (Komisi untuk Pertahanan, Intelijen dan Hubungan Luar Negeri) pada Februari 2016 yang mengungkapkan bahwa Indonesia berencana untuk mencari lokasi pangkalan kapal selam ketiga di pulau yang sama.

Selain untuk memperkuat pangkalan militer Indonesia di Natuna, Laut China Selatan, hasil dari FMF juga sedang direncanakan untuk meng-upgrade pangkalan militer Indonesia lainnya, seperti di Piabung, Lampung, yang terletak di dekat Selat Sunda.

Merunut kunjungan eksplorasi ini, IHS Jane menyimpulkan bahwa permintaan resmi untuk FMF akan dilakukan oleh Departemen Pertahanan Indonesia ke Departemen Pertahanan AS di lain waktu.

Sumber : IHS Jane

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s