Combat Boat Lamaru I-13-50 untuk Lanal Balikpapan

combat-boat-lamaru-i-13-50
Combat Boat Patkamla Lamaru I-13-50 TNI AL (prokal)

Kapal patroli keamanan laut (patkamla) itu bernama Lamaru I-13-50. Diambil dari nama sebuah pantai di Balikpapan Timur, yang pernah menjadi wilayah yang diperebutkan oleh tentara Sekutu dan Jepang pada tahun 1945. Dianggap menjadi satu kejadian yang bernilai historis, maka akhirnya nama Lamaru dipilih sebagai nama kapal patroli ini.

Kapal yang mampu berlayar dengan kecepatan maksimal hingga 40 knot ini dioperasikan pertama kali oleh kru Lanal Balikpapan, Jumat (23/9) kemarin. Diresmikan di Dermaga Jetty PT Sendy Jaya Putra, Jalan Letjen Suprapto, Nomor 58, RT 16, Kampung Baru Ujung, Balikpapan Barat,  kapal patkamla Lamaru dipersiapkan sebagai kapal patroli Lanal Balikpapan yang akan menjaga keamanan seluruh perairan wilayah Kalimantan Timur seluas 58.000 kilometer persegi.

Kapal yang memiliki panjang 18 meter dan lebar 4,5 meter ini pun mampu membawa 18 orang personel dan 14 orang kru. Selain dipersenjatai dengan meriam mitralium, beberapa persenjataan lain juga masih dalam proses persiapan. “Dengan adanya kapal patroli ini, kerja Lanal Balikpapan akan sangat terbantu. Tapi memang kapal ini hanya dikhususkan penggunaannya untuk keadaan genting,” ungkap Danlanal Balikpapan, Letkol Laut (P) Irwan SP Siagian.

Karena fungsinya sebagai kapal patroli, ketahanan bahan bakar kapal Lamaru hanya mampu bertahan sehari semalam atau 24 jam saja. Kapal ini hanya dipersiapkan untuk patroli dan keadaan urgen. Lamaru I-13-50 merupakan jenis kapal combat boat. “Kapal ini memang tidak bisa beroperasi lama di laut, karena bahan bakarnya sedikit,” lanjutmya.

Uji coba kapal dilakukan setelah sebelumnya diadakan peresmian kapal yang ditandai dengan pemotongan tumpeng dan upacara. Dalam uji coba, kapal patkamla Lamaru berlayar di atas perairan Balikpapan. Dimulai dari Jetty PT Sendy Jaya Putra Kampung Baru Ujung, menuju Perairan Kariangau, hingga kembali ke tempat awal, Lamaru I-13-50 hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit.

“Memang untuk menjangkau wilayah perairan Kaltim yang luas, kapal ini belum bisa meng-cover hingga seratus persen. Tapi dengan adanya kapal ini, kami dari Lanal jadi lebih terbantu,” katanya. Setelah peresmiannya, kapal buatan dalam negeri oleh PT Indo Maritim ini, kini telah resmi menjadi kendaraan patroli milik Lanal Balikpapan. “Kapal ini sebenarnya sudah tiba sejak awal September lalu, tapi baru kita resmikan,” pungkasnya. *prokal*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s