Kapal Perang TNI AL Terlibat dalam Gelaran Sail Karimata

KRI Surabaya 3
KRI Surabaya-591 TNI AL.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan melepas Satgas Sail Karimata 2016, di Dermaga JICT Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (22/9). Pemberangkatan satgas dihadiri oleh beberapa menteri dari Kabinet Kerja serta Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Arie H. Sembiring. ‎

Dalam mendukung kegiatan Sail Karimata 2016, TNI Angkatan Laut mengerahkan  puluhan kapal perangnya untuk melaksanakan berbagai kegiatan Sail Selat Karimata 2016 yang meliputi kegiatan Satuan Tugas Surya Bhaskara Jaya (SBJ LXV) dengan menggunakan KRI Makassar-590. Untuk satuan Tugas  Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) ke-VI menggunakan KRI Surabaya-591 serta berbagai KRI untuk mendukung demo pada acara Puncak Sail Selat Karimata, yang secara keseluruhan melibatkan 15 kapal perang, 7 pesawat udara  serta  2.000  personel TNI Angkatan Laut.

Untuk acara puncak Sail Karimata 2016 akan dilaksanakan pada 15 Oktober yang dipusatkan di Pantai P. Datok Sukadana Kabupaten Kayong Utara Provinsi Kalimantan Barat, yang rencananya  akan dibuka  oleh Presiden RI. Pada acara puncak Sail Selat Karimata 2016 ini akan dimeriahkan oleh  Parade Kapal Perang (Fleet Review), Terjun payung, Air Medevac dan Sailing Pass kapal tradisional dan kapal nelayan. Secara keseluruhan untuk mendukung kegiatan ini melibatkan 15 kapal perang.

”Persiapan peserta sudah cukup siap, mereka nanti kumpul di Kayong, puncaknya di sana. Beda rute tapi bertemu di titik yang sama. Lebih dari 600 mahasiwa, pelajar dan instansi lainnya yang ikut ekspedisi mencapai 2000-an,” ujar Luhut Binsar Panjaitan usai melepas Satgas Sail Karimata, di Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (22/9).

Selain itu, tradisi Sail Indonesia yang kali ini dikenal dengan Sail Selat Karimata melibatkan pelayaran para yachter dari berbagai negara. Pada kesempatan kali ini 20 negara kabarnya ambil bagian. Untuk peserta  sudah terdaftar  36 yacht. ”Target yang kita harapkan 50 lebih. Kalau negara Yang sudah konfirmasi ada lebih dari 20 negara, mereka sampai di Ketapang mulai 5 Oktober setelah itu menuju Kayong lokasi puncak acara,” jelas Safri Burhannudin, Deputi IV Kemenko Maritim.

Sail Karimata 2016, merupakan even internasional yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan perekonomian daerah terutama melalui sektor pariwisata bahari, even ini juga menjadi momentum untuk memajukan wisata bahari di tanah air untuk menjadikan kawasan Karimata sebagai  destinasi utama wisata. Selain itu, penyelenggaraan even internasional Sail Selat Karimata 2016 juga untuk percepatan pembangunan potensi sumber daya kelautan dan pariwisata guna meningkatkan kesejahteraan, khususnya masyarakat pesisir dan pulau–pulau kecil terdepan.

Kegiatan Operasi SBJ ke- LXV/2016 dengan menggunakan KRI Makassar-590, menitikberatkan pada pelayanan kesehatan, serta perbaikan sarana dan prasarana lingkungan serta promosi kesehatan, dengan target melayani kesehatan bagi pasien yang tinggal di pesisir dan pulau-pulau terpencil dan terdepan, dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas kesehatan yang berada di kapal perang  untuk melayani pengobatan umum, Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA), diare, penyakit kulit, hernia, malaria klinis, pengobatan gigi dan mulut, operasi katarak, operasi bibir sumbing, dan pelayanan KB yang melibatkan juga tenaga kesehatan yang terdiri dokter spesialis, dokter umum, dan para medis. *indopos*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s