Penempatan Pesawat Tempur di Tarakan Menunggu Selesainya Pembangunan Shelter

f-16-tni-au-11-alex-sidharta
F-16 TNI AU (alex sidharta)

Lanud TNI AU Tarakan saat ini masih dalam proses pembangunan. Dikatakan Komandan Lanud Tarakan Kolonel Pnb Umar Fathurrohman, pembangunan lanud ini merupakan tindak lanjut arahan dari Panglima TNI, seiring kekuatan udara Indonesia yang pindah dari Makassar ke Tarakan.

“Sebelum pesawat tempur stay di sini, kami akan mempersiapkan dulu pembangunan shelter seperti yang sekarang sedang dibangun,” jelas Umar.

Jenis pesawat tempur yang akan ditempatkan di lanud ini di antaranya F16, Sukhoi, T-50, dan Hawk. Proses pembangunan lanud ini ditargetkan akan selesai tahun depan dengan jumlah lima shelter.

“Untuk sementara, kami hanya bangun pangkalan aju (utama) saja, yang hanya diisi oleh pesawat tempur. Jika suatu saat akan jadi pangkalan induk, pasti akan ada hanggar (tempat) di sini untuk memperbaiki pesawat rusak. Pesawat yang ada sekarang, pesawat siap operasi. Jika pesawat kami rusak langsung dibawa ke Makassar,” ungkapnya.

Umar juga mengatakan, jika ada 1 skuadron(satuan dalam angkatan udara yang biasanya terdiri dari 12 sampai 24 pesawat) mungkin saja akan bangun 16 shelter. “Dari segala tempat akan kami siapkan tempat yang strategis, mungkin untuk amunisi udara yang sudah siap dengan pesawat tempur. Umar juga berencana akan membuat tanggul di ujung dermaga yang langsung berbatasan dengan lautan, dengan maksud jika sewaktu-waktu ada amunisi yang lepas kendali, tanggul ini dapat menahannya. *prokal*

2 thoughts on “Penempatan Pesawat Tempur di Tarakan Menunggu Selesainya Pembangunan Shelter”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s