Kapal Selam A26 Kockums Swedia

a26-type-a26-next-generation-submarines-are-being-developed-by-saabs-kockums-for-the-swedish-navy-nt
Kapal selam A26. (NT)

Kapal selam Type A26 dibangun oleh Saab untuk Kementerian Pertahanan Swedia sebagai penerus kapal selam kelas Gotland. Type A26 memiliki kemampuan dalam menjaga keamanan maritim, penanggulangan ranjau laut, pengumpulan data intelijen, pengawasan, pengintaian rahasia di wilayah musuh, peperangan anti-kapal selam, peperangan anti-permukaan, peletakan ranjau, pekerjaan bawah air, dan operasi khusus lainnya.

Dilansir dari Naval-Technology, Saab telah mendapat kontrak dari Swedish Defence Material Administration (FMV) membangun, memverifikasi dan mengirimkan dua unit kapal selam Type A26 next-generation untuk Angkatan Laut Swedia. Saab menerima pesanan dari FMV untuk membangun sistem sensor Type A26 pada Desember 2014.

FMV memberikan kontrak senilai SKR 7,6 bn (925 milyar dollar Amerika Serikat) kepada Saab untuk pembangunan, verifikasi dan pengiriman dua unit kapal selam A26 pada bulan Juni 2015.

First steel cutting untuk kapal selam pertama dilakukan di galangan kapal Saab Kockums pada September 2015. Pengiriman akan dimulai pada 2022 dan terus berlanjut sampai 2024.

a26-the-first-a26-submarines-first-steel-was-cut-in-september-2015-nt
First steel cutting kapal selam A26. (NT)

Desain dan Fitur Kapal Selam A26

Struktur lambung modular kapal selam A26 Kockums terbuat dari baja khusus, menawarkan kinerja yang sangat baik dalam menjaga keamanan wilayah lautan dan efektivitas operasional. Konfigurasi kemudi-X (X-rudder), dengan empat kemudi yang dapat dikontrol secara independen memungkinkan kapal selam melakukan manuver yang tinggi. Kapal selam juga membutuhkan biaya operasi dan pemeliharaan yang rendah.

Kapal selam memiliki panjang 62m dan memiliki draft 6m serta displacement sekitar 1,800 ton ketika muncul di permukaan. Desain Skandinavia menawarkan tempat duduk yang luas dan nyaman untuk 26 personil. Dua awak ditugaskan ke tempat tidur yang sama dalam sebuah rotasi berdasarkan hot bunk principle.

Kapal selam memiliki dua kompartemen bertekanan tinggi dan juga ruang bertekanan tinggi di bagian tengah. Menara penyelamatan yang terletak di atas pada bagian tengah memfasilitasi penyelamatan darurat untuk awak.

Semua manajemen dan sistem kontrol pada kapal selam saling berhubungan melalui sistem pelayanan manajemen umum kapal (general management services system : GMSS). Semua subsistem dioperasikan dari konsol multifungsi umum (common multifunctional consoles : MFCs), sedangkan semua sistem kapal dikendalikan melalui sistem kontrol dan pemantauan kapal (ship control and monitoring system : SCMS).

Kapal selam dapat ditingkatkan dengan pemasangan peralatan pada bagian lambung di kompartemen depan atau belakang. Bagian depan dapat dilengkapi dengan ruang tambahan untuk workstation, akomodasi dan peralatan lainnya. Sebuah diesel tambahan dan / atau mesin Stirling AIP dapat ditempatkan di bagian belakang.

a-26-saab
Kapal Selam A26 (Saab)

Peralatan yang Dijalankan pada Kapal Selam A26

Sebuah kompartemen penyimpanan payload fleksibel dengan ukuran besar memungkinkan kapal selam membawa berbagai muatan dalam sebuah misi untuk memberikan tingkat fleksibilitas yang tinggi dalam operasionalnya. Kontainer bertekanan tinggi, kendaraan bawah air tanpa awak (unmanned underwater vehicles : UUVs), kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh (remotely operated vehicles : ROV), serta sistem pengintaian dan penyelamatan dapat dimuat secara eksternal.

Kapal selam menggunakan 6m-long Multimission Portal™ untuk peluncuran dan recovery terhadap delapan penyelam lengkap dengan peralatan misi yang mereka bawa. UUVs dapat digunakan dalam pencarian dan operasi pembersihan ranjau, serta kendaraan maritim tak berawak yang digunakan untuk mengumpulkan data intelijen akustik, visual, elektronik dan komunikasi.

Navigasi dan Komunikasi

Type A26 dilengkapi dengan sistem sensor optronic pada tiang kapal selam, serta sistem sonar aktif dan pasif untuk identifikasi dan deteksi ancaman.

Kemampuan komunikasi network-centric canggih memungkinkan kapal selam untuk mengintegrasikan mereka dengan pasukan lain di darat, laut dan udara. Meskipun demikian, kapal selam juga menyediakan komunikasi eksternal dengan radio, hidroakustik dan shore-connected method.

Submarine A26
Multimission Portal (Saab)

Suite Senjata

Sistem senjata dikelola dari sistem manajemen tempur (CMS) Saab yang terhubung dengan GMSS.

Fitur Penanggulangan (Countermeasures) dan Keselamatan

GHOST® Genuine Holistic Stealth Technology membuat Type A26 tak terlihat dan tenang. Kapal selam memiliki signature hidrodinamik dan inframerah yang rendah, serta cross-section radar yang rendah.

Kapal selam tahan terhadap beban kejut yang signifikan akibat dari ledakan bawah air. Hal ini disebabkan karena kapal selam dilengkapi dengan penanggulangan ranjau dalam mendeteksi, mengidentifikasi dan menghancurkan ranjau. Dalam keadaan darurat, sistem air-blowing akan membawa kapal selam menuju ke permukaan ketika terjadi banjir. Kapal selam ini juga dilengkapi dengan sistem perlindungan kebakaran yang dirancang sesuai dengan persyaratan SOLAS.

“Kapal selam itu memiliki empat tabung senjata dan dapat dilengkapi dengan lebih dari 15 unit senjata 53cm.”

a-26-stirling-aip-saab
Stirling AIP Kockums (Saab)

Propulsion dan Kinerja Kapal Selam A26

Sistem propulsi utama kapal selam Type A26 adalah air-independent propulsion (AIP) Stirling Kockums, yang membakar gasifikasi oksigen cair murni industri (LOX) dan bahan bakar diesel. Kapal selam ini juga dilengkapi dengan sistem propulsi diesel electric konvensional.

Kecepatan menyelam maksimum kapal selam dengan AIP lebih dari 6 knot (dalam kondisi siluman), sedangkan kecepatan maksimum kapal selam adalah 12 knot, mampu menyelam hingga kedalaman lebih dari 200 m, daya tahan misi selama 45 hari, dan dapat melakukan operasi dengan densitas air laut antara 1,003kg / m³ hingga 1,032kg / m³. Kapal selam A26 dapat beroperasi pada suhu berkisar antara -2 ° C sampai 32 ° C.

Editor : (D.E.S)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s