Kapal Selam Gotland Class (Type A19) Swedia

Kockums mendapat kontrak pada Maret 1990 untuk membangun tiga kapal selam Gotland Class, yaitu HMS Gotland, Uppland dan Halland. Yang pertama dari kelas ini, HMS Gotland, ditugaskan pada tahun 1996. Yang kedua dan ketiga, masing-masing adalah HMS Uppland dan Halland, ditugaskan pada tahun 1997. Saat itu Kockums masih dimiliki oleh HDW Jerman.

Pada bulan November 2004, Pemerintah Swedia menyetujui proposal Angkatan Laut AS untuk menyewa HMS Gotland dan kru selama satu tahun untuk berpartisipasi dalam latihan angkatan laut. Gotland tiba di Naval Air Station North Island, San Diego pada bulan Juni 2005. Kapal selam akan berperan sebagai kekuatan lawan (opposing force : OPFOR). Pada bulan Juni 2006, sewa diperpanjang untuk satu tahun. Pada bulan Juli 2007, HMS Gotland meninggalkan San Diego untuk kembali ke Swedia.

hms-gotland-first-of-class-naval-technology
Kapal selam HMS Gotland (naval technology)

Sistem Manajemen Tempur

Sistem manajemen tempur kapal adalah 9SCS Mark 3 dari Saabtech Vectronics (sebelumnya CelsiusTech). Sistem ini disebut SESUB 940A dalam Swedish Royal Navy. Sistem ini menggunakan versi pengembangan dari perangkat lunak ADA dari sistem manajemen tempur kapal permukaan 9LV Mk 3 Saabtech Vectronics.

Sistem pengendali tembakan memiliki kapasitas untuk mengendalikan beberapa torpedo di dalam air secara bersamaan. Sistem Manajemen Tempur 9SCS Mark 3 memiliki tiga konsol multifungsi Type IID dari Terma. Terminal untuk komando dan kontrol, komunikasi serta kontrol senjata. Konsol terhubung melalui dual-Ethernet, copper-wire, dan Local-Area Network (LAN).

Pada bulan Januari 2006, pemerintah Swedia memesan kepada Saab Systems untuk melakukan upgrade sistem tempur. Sistem baru ini disebut SESUB 960. Navigasi, manajemen sensor dan sistem penanganan senjata juga ditingkatkan.

Terpedo

Kapal selam dilengkapi dengan empat tabung terpedo 533 mm dan dua tabung torpedo 400 mm. Terpedo Type 613 Bofors Underwater Sistem ditembakkan dari tabung 533 mm. Type 613 merupakan jenis terpedo berat anti kapal permukaan. Terpedo ini memiliki wire guidance dan homing pasif serta hulu ledak 240 kg. Peluncuran terpedo dengan swim-out discharge, kecepatannya adalah 40 knot dan memiliki jangkauan 20 km. Terpedo 613 melengkapi semua kapal selam Swedia, A19 Gotland, A17 Vstergotland, A14 Nacken dan A12 Sjoorrmen.

terpedo-62-aka-terpedo-2000-nt
Terpedo 2000 (naval technology)

Saab Bofors Underwater Systems telah mengembangkan terpedo kelas berat baru untuk Angkatan Laut Swedia, yaitu Terpedo 2000 (Angkatan Laut Swedia menggunakan nama Terpedo 62).

Ini adalah torpedo anti-kapal selam/ anti-kapal permukaan kecepatan tinggi dengan jangkauan lebih dari 40 km dan kecepatan lebih dari 40 knot.

Kapal selam Gotland Class dilengkapi dengan Terpedo 2000, yang ditembakan dari tabung 21 in. Gotland memiliki kapasitas untuk membawa enam belas Terpedo 2000. Sistem tempur dari kapal selam kelas Gotland telah disesuaikan untuk mengakomodasi terpedo generasi baru, termasuk Torpedo 2000, yang menjadi senjata utama kapal selam.

Dua tabung peluncur 400 mm dapat menembakan Saab Bofors Underwater Sistem Type 43 yang merupakan torpedo anti kapal selam ringan. Modifikasi sistem tempur kapal selam mengakomodasi terpedo ringan baru Saab Bofors Type 43×2 anti-kapal selam / anti-kapal permukaan. Type 43×2 menggunakan wire-guided dimana kemampuan pelacakannya telah ditingkatkan dibandingkan dengan terpedo standar Type 43. Setiap tabung 400 mm akan dilengkapi dua torpedo Type 43×2.

Gotland dapat menyebarkan ranjau type Mine 42 Saab Bofors Underwater Sistem. Mine 42, berasal dari terpedo Type 27, dalam perjalanannya mampu menuju lokasi yang telah ditentukan untuk berbaring di dasar laut. Kapal selam ini juga memiliki kapasitas untuk membawa 48 ranjau yang dipasang eksternal dalam girdle arrangement.

Sensor Suite

Kapal selam ini dilengkapi dengan CSU 90-2 integrated sonar sensor suite dari Atlas Elektronik. Ini termasuk passive cylindrical bow array, an intercept array dan dua passive flank array. Sistem sonar menggunakan software ADA.

Kapal selam ini dilengkapi dengan periskop pencarian dan serangan Kollmorgen dan radar navigasi Terma Scanter. Sistem electronic support measures menggunakan radar surveillance and warning system Manta dari Thales Defence Ltd. Manta melakukan pengawasan, deteksi, analisis, klasifikasi dan identifikasi ancaman radar musuh dari D-band sampai J-band.

a-26-stirling-aip-saab
Stirling AIP (saab)

Sistem Propulsi

Kapal selam ini dilengkapi dengan dua mesin diesel MTU dan dua unit Stirling Air Independent Propulsion (AIP) Kockums V4-275R. Mesin Stirling dipasang pada modul elastis dan kedap suara yang masing-masing menyediakan daya hingga 75 kW. Kapal selam ini memiliki kapasitas menyelam selama dua minggu dengan air independent propulsion pada kecepatan 5 knot tanpa muncul ke permukaan.

AIP menggunakan oksigen cair dan bahan bakar diesel di controlled inert (helium) environment. Tangki oksigen cair AIP terletak di dek bawah mesin. Sistem propulsi menyediakan kecepatan 11 knot ketika muncul di permukaan dan 20 knot ketika menyelam.

Spesifikasi

Crew : 28 crew, 5 officers

Hull Length : 60,4 meter

Beam : 6,2 meter

Displacement, Surfaced : 1.240 ton

Displacement, Dived :1.490 ton

Propulsion : 2 x MTU diesels, 2 x Kockums V4-275R Stirling, air independent propulsion

Speed, Surfaced : 11 knot

Photo : Gotland Class (saab)

Sumber : Naval Technology

Editor : (D.E.S)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s