Ada Kemungkinan Indonesia Pakai Alutsista dari Tiongkok

Menko Polhukam Wiranto bertemu Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia Xiao Qian di Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (14/3/2018). Pertemuan itu membahas kerja sama di bidang pertahanan antara Indonesia dan China.

Wiranto menuturkan, alat utama sistem persenjataan (alutsista) menjadi salah satu topik yang dibicarakannya dengan perwakilan Pemerintah Cina di Indonesia itu.

“Soal kemungkinan penggunaan alutsista produksi Tiongkok,” ujar dia usai pertemuan tersebut.

Menurut Wiranto, adapula pembahasan mengenai latihan bersama komando angkatan laut Indonesia dan Cina.

Mantan Panglima TNI itu mengatakan, topik mengenai Pilkada dan Pemilu di Indonesia juga sempat diangkat dalam pertemuan tersebut.

“Saya beri penjelasan mengenai situasi keamanan kita menjelang pilkada dan pemilu yang akan datang. Saya sampaikan ke tamu-tamu kita dan teman-teman di luar negeri, jangan khawatir untuk berinvestasi ke Indonesia,” terang dia.

Ia juga menyampaikan bahwa suhu politik meningkat karena memang ada pilkada dan pilpres, tapi itu bukan berarti akan ada kekacauan yang menyebabkan ketidakamanan berinvestasi.

Menurut dia, pemerintah telah menjamin bahwa penyelenggaraan Pilkada 2018 tidak akan mengganggu keamanan investasi di Indonesia, karena sejumlah kementerian, lembaga, dan instansi telah bekerja sama mengamankan penyelenggaraan pilkada agar dapat berjalan tanpa memunculkan konflik.

Photo : QW-3 (TNI AU)

Sumber : Intelejen

26 thoughts on “Ada Kemungkinan Indonesia Pakai Alutsista dari Tiongkok”

  1. Pak Wiranto titip beli FC31 gyrhound tapi yg versi 2..
    Beli 16 unit lumayan pak..yg 2 unit buat di oprek utk lapan fx jilid II

    Like

  2. kenapa yh di pemerintahannya jokowoi banyak jendral jendral beken jaman suharto. termasuk beliau di atas.

    Like

  3. Jangan Sampe Lah Jumlah Alutsista Chino Lebih Dari 15% Alutsista Utama TNI. Pikirin Dulu Masa Depan LCS,Politik,DLL. Dan Jg Dgn Tergiur Dgn Harga Tanpa Memikirkan Kualitasnya.

    Like

    1. Kualitas super komputer china no 1 didunia bung jimi anrik juga kalah sekrg china punya 200,amrik 160 ,menyusul jerman dan jepang itu jika bicara kualitas tpi yg sekrg bukan yg dulu ,apalagi mereka sdang bangun teknologi buat imbangi silicon valley tunggu 7 th lagi

      Like

  4. Harga US$ 70 juta /unit ..ga beda jauh sama f/a 50 GE korea..sementara f/a 50 kl pake radar aesa jg bisa 70 juta dolar US..
    Lumayan lah harga 70 juta dolar dh double engine ..radar aesa, irst, elektro optronik taget, jamer ( 4 tekno yg ga dikasi ke kfx )
    Taro dh 14 biji di lanud eltari, kupang buat ngudak hornet kl nyelonong..dr pd beli single engine ditaro di eltari, bisa ngos”an ngejar hornet..
    Sisain 2 biji tu J31 utk dioprek Lapan sama BPPT..

    Like

  5. Kalo soal kualitas sh..dulu beli t50i aja ga mikir kualitas pdhl tu pespur pemain baru.
    Sy bukan fansboy barat, timur jg china..cuma mikir simpel. Cina terkenal jiplak tekno rusia, jg barat. Kita jiplak aja karya tkg jiplak…drpd jiplak lgsg buatan barat atau rusia, bisa digebukin kita

    Like

    1. Klau Soal Kualitas Sebenarnya Korsel Itu Lebih Baik Dari Chino Bung. Walaupun FA-50 Itu Pemain Baru Tapi KAI Dpt Teknologinya Dari LM Yg Notabennya Pemain Senior. Lha Sedangkan Kualitas J-31 Gk Udah Di Tanyakan Lagi. Kenapa?. Karena FC-31 (Versi Yg Di Jual) Dulu Aja Pas Di Airshow Itu Pesawat Ngebul Plus Asepnya 11-12 Ama Kuznetsov Yg Notabennya Adalah CV Dan Jg RCS FC-31 Itu Masih Sama Ama RCS Rafale,Gripen,Su-35,Typhoon Yg Notabennya Masih Gen 4.5 Ya Walaupun Kadang Di Sudut Tertentu RCS FC-31 Bisa Lebih Rendah Daripada Pespur Yg Saya Sebutkan Tsb. Dan Lagian Kenapa Kita Mengharapkan ToT Dari Chino Yg Di Saat Kasus C-705 Dulu Kita Di Kibulin. Plus Lagian Leonardo Udah Ngisi Slot Teknologi Inti IFX.

      Like

      1. Thailand komplain t 50,dikita dah 2 yg jatuh kok masih anda puji? Tot itu jika beli bnyk barangkali jika ketengan ga hihihi itu pakistan,myanmar,iran dpt tot rudal,psu,pesawat,heli,anti tank dll mereka dpt kenapa kita ga? Tanya ke dephan apa sebabnya???

        Like

  6. Thailand komplain t 50,dikita dah 2 yg jatuh kok masih anda puji? Tot itu jika beli bnyk barangkali jika ketengan ga hihihi itu pakistan,myanmar,iran dpt tot rudal,psu,pesawat,heli,anti tank dll mereka dpt kenapa kita ga? Tanya ke dephan apa sebabnya???

    Like

    1. Baru Jg 1 Yg Jatuh. 😆 Dan Lagian Pesawat Jatuh Itu Wajar. 😆 Dan Tentunya Anda Pasti Tau Bahwa Iran,Myanmar,Pakistan Itu Sekutu Chino Kan?. Dan Coba Saya Tanya Berapa Jumlah C-705&C-802 Yg Di Beli Untuk Melengkapi KCR Dan Fregat? Dan Lagi Bukankah Jumlah Tsb Lumayan Banyak?. Plus Nyatanya Rusia Mau Memberikan ToT Walaupun Sedikit Kepada Pembeli Yg Ketengan Plus Neko-2nya Minta Ampun. 😛 And Saya Gk Peduli Ama Elektronik Chino Karena Saya Dah Gk Punya Sama Sekali.

      Like

      1. Anda pake telkom ? Pake teknologi huawei om hehe pasti ada masalah hrs tanya ke dephan jgn main vonis dibohongi,gak khan u bilang diragukan kwalitasnya? Super komputer tinhe 2 terbaik sedunia kok dibilang meragukan dah terbukti terbaik dan yg pasti semua senjata pake komputerisasi yg canggih

        Like

        1. Lho Malahan Bawa Super Komputer. 😆 Lha Ya Percuma Klau Klaimnya Paling Canggih Tapi Tekno Intinya Masih Pake Punya Intel. 😛

          ——————————

          yg pasti semua senjata pake komputerisasi yg canggih. Masa?. Nyatanya Beberapa Negara Yg Tk Punya Slh Satu Super Komputer Terbaik Di Dunia Teknologinya Lebih Canggih Dari Chino,Jerman,Jepang. 😆 Noh Contohnya Ada Banyak Kaya Prancis,Rusia,Inggris,Korsel,DLL

          Like

          1. Dan Jg Lucunya Lagi Tianhe 2 Di Klaim Lebih Canggih Dari TITAN Punya AS Padahal Komponen Inti Tianhe Masih Impor Dari Intel Yg Notabennya Punya AS. 😆

            Like

  7. Kualitas super komputer china no 1 didunia bung jimi anrik juga kalah sekrg china punya 200,amrik 160 ,menyusul jerman dan jepang itu jika bicara kualitas tpi yg sekrg bukan yg dulu ,apalagi mereka sdang bangun teknologi buat imbangi silicon valley tunggu 7 th lagi

    Like

    1. Jika anda ga percaya naik f16 lewati lcs zone adiz tanpa beritahu militer sana berani coba hq9 tel yg baru??? Hrs gto cobanya langsung jika berani hehe

      Like

Leave a comment