China Kembangkan Varian J-20

China sudah bersiap mengembangkan varian baru dari pesawat jet tempur multirole generasi kelima J-20. Bahkan Beijing juga memulai penelitian tentang pembuatan pesawat jet tempur generasi keenam dari model J-20.

Rencana itu diungkap Wakil Direktur Sains dan Teknologi di Aviation Industry Corporation of China (AVIC), Yang Wei, disela-sela Kongres Rakyat Nasional (NPC), seperti dilaporkan China Daily.

Jet tempur J-20—pesawat tempur siluman tercanggih China—adalah produk andalan Chengdu Aircraft Industry Group (CAIG).

“Kami tidak puas dengan apa yang telah kami capai. Kami akan mengembangkan J-20 menjadi keluarga besar dan terus memperkuat pemrosesan informasi dan kemampuan cerdasnya,” kata Yang.

“Pada saat bersamaan, kami akan memikirkan pesawat tempur generasi berikutnya untuk memenuhi persyaratan masa depan bangsa,” ujarnya, yang dikutip Kamis (15/3/2018).

Menurut Yang, dalam pengembangan varian baru, J-20 akan diberi lebih banyak kemampuan ketimbang hanya menembus jaringan pertahanan udara musuh.

Yang yang juga adekemisi Chinese Academy of Sciences tersebut mengatakan bahwa perancang akan mengembangkan varian J-20 yang anti-radar.

”Di masa lalu, kita harus mengikuti jalan orang lain ketika merancang pesawat militer karena kemampuan penelitian dan pengembangan kita primitif dalam hal ini, tapi sekarang kita telah mampu merancang dan membuat apa yang ingin kita miliki,” papar Yang.

“Tentu saja, (J-20) ini akan ditugaskan untuk menembus jaringan pertahanan udara, tapi itu tidak akan menjadi satu-satunya misinya. Pasti ada banyak fungsi. Bagaimana kita akan menggunakannya bergantung pada skala produksi dan pengerahannya,” imbuh Wang.

Jet tempur generasi kelima China itu melakukan penerbangan perdananya pada Januari 2011 dan saat ini sudah resmi masuk layanan tempur militer. Beijing enggan mengekspor pesawat tempur siluman kebanggaannya itu.

Photo : J-20 chengdu (twitter)

Sumber : Sindonews

Advertisements

18 thoughts on “China Kembangkan Varian J-20”

    1. Hahaha. Awas Ntar Mesin KWnya Mleduk Lho!. 😆 Dan Jikapun Benar Saya Harap Para Bapak,Ibu,Kakak,Adek,Nenek,Kakek Burung Dan Semua Hewan Terbang Yg Di Sekitaran Area Dekat Copy Mikoyan Jaga Jarak Sekitar Min 50M Untuk Mencegah Kejadian Yg Tk Di Harapkan Dan Mbh Mien Di Mohon Buka Klinik Sangkal Putung Di Sono Untuk Mengobati Hewan Yg Terluka/Patah Tulang. :mrgreen: 😉

      #Peace
      #Just Kidding
      #Kabur Sebelum Di Serbu Ziganwu.

      Like

  1. Ya Udahlah Pake Composite Lha Dah Gen 5 Kok. Toh Lagian Di Jaman 90An Baru Sedikit Pesawat Yg Punya AESA Jadi Wajar Klau Masih PESA. 😆 Kan Seperti Kibiasaan Di Ganti Armamentnya Sedikit Biar Gk Kena Hak Cipta. 😛

    Like

  2. Hadeuh. Ini Nih Klau Dah Terlanjur Kena Propaganda Ziganwu Plus Wumao. 😆 Ya Walaupun KW Pasti Ada Perbedaannya Biar Bisa Mengikuti Perkembangan Teknologi/Zaman Dan Menghindari UU Hak Cipta. Masa Chino Mau Jiplak Mikoyan (Yg Di Klaim Yang Wei Ciptaannya Dan RND Dari Awal) Persis Plek Tanpa Merubah Teknologi Tahun 90An Yg Di Pake Mig-1.44. 😆 Dan Senjata Itu Gk Jauh Beda Karena Chino Jg Bikin KW Dari R/KH Family.

    Like

    1. Lho Lha Biarin Biarpun Mig Kekurangan Finansial Dan Di Anak Tirikan Oleh Rusia Tapi Mereka Berusah Menciptakan Pesawat Dgn Semaksimal Mungkin Tanpa Jiplak Ataupun Plagiat.

      Like

      1. Jika bner kenapa mig hrs jual? Ya nafsu bsrr tenaga kurang ,vit d kurang hahaha ,mw jiplak khek,plagiat khek yg penting no 2 didunia dgn cad devisa terbesar didunia tpi sekrg di era kaisar xi setiap produk dilarang ngekor rusia

        Like

        1. Jika bner kenapa mig hrs jual?

          ———————————

          Ya Klau Mikoyan Gk Jual Pesawat Otomatis Mereka Gk Dpt Penghasilan Dan Gk Bisa Balik Modal. 😆 Masa Gitu Aja Harus Nanya. Dan Yakin Chino Gk Akan Ngekor Lagi Ama Rusia Di Era Jinping?. Lha Wong Mereka Aja Jadi Super Power Karena Hasil Dari Ngekor Ma USSR Kok Dgn Segitu Gampangnya Mereka Gk Bakal Ngekor Lagi Ama Rusia/Anaknya Soviet. 😆 Dan Saya Mau Nanya. Emang Berapa Sih Bayaran Jadi Ziganwu Per Komennya?.

          Like

          1. Jika mw jujur rusia beruntung ,china dpt berkah su 27 ,jika th 90 sukhoi ga dibeli 100 pesawat dah bangkrut sukhoi ,u sendiri dibyr rusia berapa jim??? Hehehe itu tekad xi jinping yg aku baca ga blh semua teknologi hrs bisa mandiri karena apa? Malu sama jimsul disebut kw aj hihihi liat rudal hipersonic,pesawat tempur hipersonic,railgun dll semua mandiri karena mereka td mengekor negara lain alias copy paste mereka sdang berusaha sendiri yg menciptakan

            Like

  3. Jika bner kenapa mig hrs jual? Ya nafsu bsrr tenaga kurang ,vit d kurang hahaha ,mw jiplak khek,plagiat khek yg penting no 2 didunia dgn cad devisa terbesar didunia tpi sekrg di era kaisar xi setiap produk dilarang ngekor rusia

    Like

  4. Nah Berhubung Kemaren Saya Sibuk Saya Reply Sekarang. Sebenarnya Sejak USSR Runtuh Chino Itu Paling Banyak Dpt Aji Mumpungnya Mulai Dari Bidang Politik,Teknologi,DLL Dari Kejadian Tsb. Dan Sebenarnya Rusiapun Terpaksa Menjual Su-27 Ke PLAAF Gegara Mereka Lagi Terkena Krisis Parah Setelah Runtuhnya USSR Dan Di Saat Itu Cuma Ada 2 Pilihan Bagi Rusia Yaitu Industri Dirgantaranya Down Tapi Teknologi Ama Atau Menjual Teknologi Untuk Mengurangi Efek Krisis Di Saat Itu. Dan Nyatanya Rudal/Hypersonik Milik Chino itu Masih Sebatas Konsep Ataupun Belum Berwujud Jadi Percuma Anda Bilang Itu Ori. 😆 Plus Sekarang Saya Mau Nanya Apa Tujuan Chino Membentuk Cyber Army Yg Profesional?. And Untuk Cadangan Terbesar Di Dunia Itu Saya Kagak Mau Bahas Karena Itu Tk Ada Untungnya Dan Sangkutpautnya Bagi Saya Ataupun Negara Saya. Dan Jg UAC Tk Pernah Menjual Blueprint Mig1.44

    Like

    1. mau kw atau apapun…yg penting mereka bisa buat tank, pesawat tempur,kapal perang, rudal buat nuklir dan masih buuuuaaanyak lagi…lah yang ente sibuk ngonggong2 udah bisa bikin apa??????

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s