Tank Boat X18

tank-boat-x-18-lundin-pindad-lundin-lci-1
Tank Boat X-18 (Lundin)

Tank Boat X18 adalah desain catamaran inovatif, cepat, stealth, dan memiliki manuver yang sangat handal dengan menyediakan platform senjata yang stabil untuk dukungan tembakan langsung jarak dekat dan jarak jauh di wilayah pesisir dan sungai yang biasanya tidak dapat diakses.

Dilengkapi dengan mesin diesel performa tinggi dan propulsi water jet serta konfigurasi lambung kembar memberikan kemampuan yang baik dalam gelaran di laut dan sekaligus keuntungan di perairan dangkal. Memberikan kemampuan untuk operasi pantai dan pendaratan di sungai serta mampu mengangkut Pasukan Khusus atau Marinir hingga 20 orang prajurit. Tank Boat X18 memiliki 4 awak, dan juga membawa RIB Interdiction kecepatan tinggi untuk boarding dan penyisipan SEAL.

Sistem yang dipilih untuk X18 adalah meriam Cockerill Maintenance & Ingénierie Cockerill 3105 high pressure untuk komandan dengan berbagai pilihan amunisi menyesuaikan situasi taktis, semua amunisi 105mm merupakan standar NATO dan memiliki jangkauan tembakan antara 50m – 5000m dan sampai 10000m jika menggunakan tembakan tidak langsung.

Meriam 105mm juga mampu menembakkan Cockerill Falarick 105 Gun Launched Anti-Tank Guided Missile (GLATGM). Dengan sudut elevasi + 42 ° memberikan kemampuan luar biasa dalam situasi yang kompleks. GLATGM memungkinkan penembakan dengan jangkauan yang lebih jauh (sampai 5 km).

Pemasangan sistem ini memungkinkan fleksibilitas dalam logistik dengan berbagai kaliber yang sudah umum digunakan dalam standar NATO dan kekuatan militer besar lainnya. Ini adalah pertama kalinya beberapa perusahaan membuat sistem kapal catamaran dalam ukuran kecil, cepat, stealth dengan draft hanya 1 meter membuatnya cocok untuk batas-batas operasi pesisir.

XI8 dapat ditambah dengan Bofors LEMUR Remote Weapons Systems incorporating 7.62 – 30 mm GPMG/ Cannon.

tank-boat-pindad
Tank Boat X-18 (defence.pk)

Vessel Particular

General

Basic Functions – Foil Assisted Catamaran
Hull Material – Infused Vinylester Composite

Dimensions

Length Ovaer All – 18.00m
Beam Over All – 6.10m
Draught – 1.00m

Propulsion

Main Engines – 2 x MAN 1200HP
Propulsor – 2 x MJP450 Waterjet

Performance

Speed (Max Power) – 40 Knots

Accomodation

Crew – 6 Persons

Troops – 20 Persons

Armament

Main Armament – Cockerill HP 105mm turret
Secondary Armament – Lemur RWS 12.7mm – 30mm

Equipment

Integrated Bridge System – Transas

Communications

VHF Radio, SBB Radio and Datalink Option

Sensors

Surveillance and fire control systems Safran Paseo

Range

600NM at 9 knots
400NM at 30 knots

Fuel Capacity

6000L

Sumber : TankBoat

Editor (D.E.S)

Leave a comment