Kapal “Spirit of Majapahit” kembali melaut

Kapal spirit of Majapahit
Kapal Spirit of Majapahit

Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya akan menggelar pelayaran “Spirit of Majapahit” menggunakan kapal kayu khas Kerajaan Majapahit dan akan menjelajahi samudera hingga ke Negara Jepang.

Hal ini menggambarkan bagaimana hebatnya kekuataan maritim Kerajaan Majapahit di masa lalu yang menjalin kerjasama perdagangan hingga ke Jepang.

Deputi IV Kemenko Maritim dan Sumber Daya, Syafri Burhanuddin mengatakan kegiatan ini sudah dipersiapkan sejak enam tahun lalu. Tahun 2010 sudah sempat berlayar hendak menuju Jepang, namun baru sampai di Filipina, kapal kayu ini diterjang badai, lalu kapal ini kembali ke Jakarta. Barulah tahun ini, kapal ini akan kembali berlayar menapaktilasi jejak-jejak kejayaan maritim Majapahit.

“Kapal ini sudah mengalami sedikit perbaikan. Selama ini dipakai juga buat berlayar, tapi tidak jauh,” ujar Syafri di Jakarta, Senin (25/4).

Syafri menjelaskan, Spirit of Majapahit, menggambarkan kerjasama antara Jepang dan Indonesia. Ini ditandai dengan tidak pernahnya Majapahit dan Jepang diserang negara lain karena kedua belah pihak selalu saling membantu.

“Jadi kita sejak dulu sudah punya hubungan emosional dengan Jepang,” imbuhnya.

Kapal Spirit of Majapahit akan berlayar dari Jakarta menuju Pontianak, melalui tepi Selat Karimata, menelusuri pantai barat Kalimantan sampai ke Brunei, lanjut lewat utara hingga ke Manila, lalu singgah ke Taiwan hingga berakhir di Jepang.

“Di setiap pemberhentian, kapal ini rencananya akan disambut oleh pihak KBRI karena perjalanan ini merupakan misi negara,” ujarnya. *RMOL*

Leave a comment